Kolonialisme Dan Imperialisme di Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb


     Oke Teman teman Newbie BlogPost Sekalian. kali ini saya ingin membagikan artikel mengenai pelajaran sejarah. kebetulan saya juga sedang di beri tugas oleh Guru sejarah saya. Materi yang akan saya bagikan memiliki garis besar tentang KOLONIALSIME DI INDONESIA. Apa itu sebenar nya kolonialisme? berdasarkan hasil pencarian saya di wikipedia, Kolonialisme memiliki arti yakni  pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.  Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan. 





    Sedangkan menurut para ahli, Kolonialisme memiliki arti sebagai berikut :


  1. Andre Gunder Frank, dia  berpendapat bahwa kolonialisme sebenarnya menuju ke pemindahan kekayaan dari daerah yang dikolonisasi ke daerah pengkolonisasi, dan menghambat kesuksesan pengembangan ekonomi 
  2. Franz Fanon, berpendapat bahwa kolonialisme merusak politik, psikologi, dan moral negara terkolonisasi.  

        Itulah pandangan para ahli mengenai pengertian kolonialisme. jika ada nama kolonialisme, pastinya ada sebuah negara koloni. Koloni memiliki arti yaitu tempat yang dikuasai oleh negara lain. contoh nya saja seperti kolonisasi negara Russia terhadap Amerika pada tahun 1784. Namun pada akhirnya Amerika membeli daerah koloni tersebut kepada russia dengan alasan di pihak koloni russia menyatakan bahwa biaya transportasi teramat mahal. 

      Selanjutnya adalah Imperialisme. Apa itu imperialisme ? Kata "imperialisme" berasal dari kata "imperare" yang artinya memerintah. Kata lain yang berhubungan dengan kata imperialisme yakni "imperium" yang dapat diartikan sebagai sebuah kerajaan besar dengan memiliki daerah jajahan yang amat luas. Jadi dapat disimpulkan bahwa Imperialisme ialah sebuah [kebijakan] di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

      Dalam sejarah perkembangannya, Imperialisme muncul dalam berbagai jenis. Jenis-jenis imperialisme dapat dibagi berdasarkan waktu munculnya dan tujuan penguasaannya. Berdasarkan waktu munculnya, jenis-jenis imperialisme antara lain sebagai berikut:

  • Imperialisme Kuno: Imperialisme kuno berlangsung sebelum terjadinya revolusi industri dengan tujuan mencapai kejayaan (glory), memiliki kekayaan (gold) dan menyebarkan agama (gospel). Contoh negara yang menganut imperialisme kuno seperti Portugis dan Spanyol.
  • Imperialisme Modern: Imperialisme modern berlangsung setelah revolusi industri. Munculnya imperialisme modern disebabkan oleh keinginan negara penjajah mengembangkan perekonomiannya. Contoh negara yang menganut pola imperialisme modern adalah Inggris.


 sedangkan berdasarkan Tujuan Penguasaan nya, imperialisme dibagi menjadi :


  • Imperialisme Politik: Imperialisme politik adalah upaya untuk menguasai seluruh kehidupan politik dari negara lain. Negara yang dikuasai itu merupakan daerah jajahan dalam arti yang sesungguhnya. Ketika nasionalisme muncul dan semakin berkobar, maka imperialisme politik bersembunyi dalam bentuk protektorat dan mandat.
  • Imperialisme Ekonomi: Imperialisme ekonomi adalah suatu upaya untuk dapat menguasai perekonomian negara lain. Imperialisme ekonomi berusaha mewujudkan zona-zona ekonomi di negara jajahan yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi negara penjajah.
  • Imperialisme Kebudayaan: Imperialisme kebudayaan adalah suatu upaya untuk menguasai mentalitas dan jiwa dari negara lain. Kebudayaan suatu bangsa tercermin dari mentalitas dan jiwa bangsa tersebut. Apabila mentalitas dan jiwa bangsa itu diubah, maka terjadi perubahan kebudayaan pada bangsa itu.
  • Imperialisme Militer: Imperialisme militer adalah suatu upaya untuk menguasai daerah-daerah dari negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata. Pada daerah yang dianggap strategis, negara imperialis membangun pangkalan militer. Pembangunan pangkalan militer ini bertujuan untuk menjamin kepentingan ekonomi dan keamanan daerah tersebut dari ancaman militer negara imperialisme lainnya, yang juga memiliki daerah tersebut.

Imperialisme juga ada penyebabnya. Ada 5 penyebab terjadi nya imperialisme yaitu :
  • Keinginan untuk menjadi jaya, menjadi bangsa yang terbesar di seluruh dunia (ambition, eerzucht). Tiap bangsa ingin menjadi jaya. Tetapi sampai dimanakah batas-batas kejayaan itu ? Jika suatu bangsa tidak dapat mengendalikan keinginan ini, mudah bangsa itu menjadi bangsa imperialis. Karena itu dapat dikatakan, bahwa tiap bangsa itu mengandung benih imperialisme.
  • Perasaan sesuatu bangsa, bahwa bangsa itu adalah bangsa istimewa di dunia ini (racial superiority). Tiap bangsa mempunyai harga diri. Jika harga diri ini menebal, mudah menjadi kecongkakan untuk kemudian menimbulakan anggapan, bahwa merekalah bangsa teristimewa di dunia ini, dan berhak menguasai, atau mengatur atau memimpin bangsa-bangsa lainnya.
  • Hasrat untuk menyebarkan agama atau ideologi dapat menimbulkan imperialisme. Tujuannya bukan imperialisme, tetapi agama atau ideologi. Imperialisme di sini dapat timbul sebagai "bij-product" saja. Tetapi jika penyebaran agama itu didukung oleh pemerintah negara, maka sering tujuan pertama terdesak dan merosot menjadi alasan untuk membenarkan tindakan imperialisme.
  • Letak suatu negara yang diangap geografis tidak menguntungkan. Perbatasan suatu negara mempunyai arti yang sangat penting bagi politik negara.
  • Sebab-sebab ekonomi. Sebab-sebab ekonomi inilah yang merupakan sebab yang terpenting dari timbulnya imperialisme, teistimewa imperialisme modern.
    1. Keinginan untuk mendapatkan kekayaan dari suatu negara
    2. Ingin ikut dalam perdagangan dunia
    3. Ingin menguasai perdagangan
    4. Keinginan untuk menjamin suburnya industri.

  • Lalu sekarang apa perbedaan antara Kolonialisme dengan Imperialisme ? Perbedaan dari kolonialisme dan imperialisme dilihat dari : 

a. Asal Kata 



  1. Kolonialisme berasal dari kata colonia dalam bahsa latin yang arti nya  tanah pemukiman/jajahan
  2. Imperialisme berasal dari kata imperator yang artinya memerintah. Atau dari kata imperium yang artinya kerajaan besar dengan memiliki daerah jajahan yang amat luar.
  3. Kolonialisme bertujuan untuk menguras habis sumber daya alam dari negara yang bersangkutan untuk diangkut ke negara induk.
  4. Imperialisme bertujuan untuk menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan.


  • b. Pengertian

  •    Kolonialisme adalah suatu sistem dimana suatu negara mengauasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negeri asal.

  •    Imperialisme adalah suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya.

Persamaan antara Kolonialisme dan Imperialisme :

  • Persamaan dari kolonialisme dan imperialisme adalah keduanya merupakan penjajahan atau penguasaan terhadap suatu daerah atau suatu bangsa oleh bangsa lainnya.
  • Persamaan kolonialisme dan imperialisme adalah akan membuat negara penjajah menjadi makmur, sementara yang dijajah semakin menderita.

         Namun mereka tidak begitu saja mendapatkan daerah koloni tersebut. kolonialismme masuk ke indonesia melalui jalur laut atau samudra. cara ini mereka lakukan dengan harapan akan menemukan daerah koloni baru untuk di manfaat kan/ di jajah. contoh nya saja bangsa portugis yang melakukan kolonialisme terhadapa bangsa indonesia. Orang Portugis pertama yang mencoba mencari jalan baru ke Indonesia adalah Bartholomeus Diaz. Ia meninggalkan Portugal pada tahun 1486. Ia menyusuri pantai barat Afrika hingga tiba di Tanjung Harapan baik, namun ia gagal mencapai Indonesia. Setelah Bartholomeus Diaz menemukan jalan ke timur di Tanjung Harapan Baik (Afrika Selatan), upaya mencari jalan ke Indonesia diteruskan oleh armada-armada Portugis berikutnya.

Armada Portugis berikutnya yang mencoba berlayar ke Indonesia dipimpin oleh Vasco da Gama. Mereka berangkat pada tahun 1497 dan berhasil melewati Tanjung Harapan Baik. Sewaktu tiba di Pelabuhan Malinda (Afrika Timur), mereka bertemu dengan pedagang-pedagang Arab dan India. Namun, jalan ke Asia Tenggara tetap dirahasiakan oleh para pedagang tersebut. Oleh karena itu, orang-orang Portugis melanjutkan perjalannya menyusuri pantai timur Afrika. Mereka harus melewati perairan dengan ombak yang sangat besar. Daerah itu terletak di timur laut Afrika terutama di sekitar Ujung Tanduk. Oleh karena itu, daerah ini disebut Guadafui (berhati-hatilah).

Ekspedisi ini kemudian berhasil melewati selat di ujung selatan Laut Merah yang disebutnya Bab el Mandeb (Gapura Air Mata). Pada tahun 1498, Vasco da Gama tiba di Kalikut (India). Sejak saat itu, perdagangan antara orang Eropa dan India tidak lagi melalui jalur Laut Tengah melainkan melalui pantai timur Afrika.

Namun, penemuan ini belum juga memuaskan bangsa Portugis. Mereka ingin menjelajahi daerah timur lainnya yakni Malaka dan Maluku.




Yaph itulah artikel mengenai Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia. semoga bisa membantu sahabat semua. sekian dulu dari saya

Wassalamualaikum Wr.Wb









3 komentar:

  1. cepet respon nya uyy... good job..!!!

    BalasHapus
  2. haha, silahkan copas jika dibutuhkan (y) belum sempat buat PDF nya

    BalasHapus
  3. Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia - Tutorial Lengkap Dan Jelas >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia - Tutorial Lengkap Dan Jelas >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia - Tutorial Lengkap Dan Jelas >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK rk

    BalasHapus

Berkomentar Dengan Sopan !!

Created By Sora Templates